Senin, 01 Februari 2010

Saya untuk Perbanas Institute Choir

Hari Sabtu kemarin saya terpilih jadi wakil ketua organisasi. Namanya Perbanas Institute Choir (PIC)
Senang sekaligus tantangan.. Tantangan untuk tetap jadiin PIC sebagai salah satu paduan suara mahasiswa berprestasi di Indonesia maupun di luar negeri..ceilaaahhh..:)
Untuk itu, saya harus membantu ketua untuk menyusun strategi..

Dan di pagi buta menjelang subuh ini, saya tiba-tiba punya banyak ide untuk finansial PIC. LAGI-LAGI dan LAGI-LAGI karena sebelumnya saya menggumamkan jargon Djarum Black sebelum tidur. Kira-kira begini isinya  "ayo donk Mit!! Think Black!! ayo mikir!! gimana caranya supaya PIC bisa tambah oke dari segi finansialnya??ayo dunk mikir..gimana caranya dapet uang??biar ada pemasukan tambahan untuk event-event PIC??lo kan anak manajemen!!mana ilmunya??AYO THINK BLACK!!"

Sesaat setelah itu, di kondisi yang beneran Black (gara-gara lampu kamar emang udah mati), ide saya satu persatu loncat. Dan sebelum lupa, maka saya tulis di sini:
1. PIC cares to the earth. Ide ini muncul waktu saya ngeliat banyak sampah botol dan gelas air mineral bertebaran di sekretariat PIC. Apalagi kalo abis latihan.. walah..walah.. Nah dari sini saya mikir, kenapa gak dijadiin uang aja tuh botol dan gelas plastik. Jadi konkritnya, saya mau sediakan kantong sampah khusus untuk nampung botol dan gelas itu. Kebetulan saya punya kenalan pengepul plastik bekas deket kampus. Saya kenal beliau waktu ikutan Character Building dari Perbanas, dan saya dapet tugas untuk cari uang dalam setengah hari...maka jadilah saya pemulung dadakan dan saya jual hasilnya ke pengepul itu.huufhh..capek loh jadi pemulung..hehe.Tapi Lumayan kan kalo sampah botol dan gelas plastik itu dikiloin..Udah kita dapet uang.. Kita juga gak nambah-nambahin sampah Bantar Gebang. hehe..

Selain sampah botol dan gelas plastik, saya juga mau  sediakan kantong lagi khusus untuk nampung kertas-kertas atau kardus bekas. Di sekretariat PIC, banyak tersimpan dan berserakan kertas bekas. Dari mulai hasil UAS yang merah, proposal gagal, sampai kertas contekan. Nah ini dia nih yang bisa dijadiin uang lagi.. Berhubung sekarang juga makin banyak perusahaan yang butuh kertas bekas untuk didaur ulang jadi kertas baru, maka saya pikir akan lebih bermanfaat kalo kertas-kertas ini dijual ke mereka untuk didaur ulang.. Dan Puji Tuhan, saya juga ada beberapa alamat pengepul kertas bekas ini. Jadi, pastinya aksi ini bakal ngebuat PIC dapet uang sekaligus ikutan ngejaga bumi..biar pohon-pohon gak pada ditebang terus untuk diolah jadi kertas!!

2. Yang kedua, saya mau membuat usaha mandiri PIC. Selama ini saya perhatikan, kesulitan panitia event dalam mendapatkan dana itu, yaaa.... karena mereka masih mengandalkan uang dari lembaga kampus dan sponsor. Oke sih... Tapi karena uangnya susah dan lama cair, kerja panitia event juga jadi tersendat-sendat. Ujung-ujungnya hasilnya gak maksimal.. Untuk itu saya mau membuat usaha mandiri PIC, supaya PIC punya pemasukan tambahan. Konkritnya, dengan jualan air mineral botol maupun gelas dan pulsa elektrik. Ngamen juga ide yang bagus. Soalnya kami ini suaranya bagus. beneran LOHH..hheeheyyy... Dan bisa jadi uang juga kaaann.. Selain itu, yang masih dalam pertimbangan adalah kemungkinan menjadi wedding singers. Ada juga sih satu lagi.. Tapi yang satu lagi rahasia ah.. takut dicontek orang-orang yang tidak bertanggung jawab.. heheyyy.. Mudah-mudahan konsep ini juga didukung oleh segenap anggota PIC.

3. Mengaktifkan uang kas rutin latihan dan "koin gak kepake buat PIC". Yang terakhir ini, lebih ke pengumpulan uang langsung tunai. Buat periode ini, saya pikir bakalan lebih enteng kalau uang kas ditarik per orang seribu setiap datang latihan. Kalau diitung2, jika yang datang latihan minimal 20 orang dan seminggu 2 kali, berarti dalam sebulan ada pemasukan tambahan Rp 1000,- x 20 org x 8kali sebulan = 160.000. nah..lumayan kan daripada lumanyun..
Selain itu, melihat banyaknya koin-koin recehan yang kadang-kadang gak kepake, boleh juga nih kalo di sekretariat PIC disediakan celengan bersama..yah..itung-itung untuk menampung hobi amal para anggota PIC lah.. Mudah-mudahan konsep yang terakhir ini bisa dijalankan juga.. heheyy..

Ketiga ide dan konsep di atas mungkin bukan yang terbaik. Dan saya tau kalau nantinya ada pro dan kontra.. Tapi saya tetap optimis kalo konsep ini bisa jadi inovasi buat PIC untuk jadi lebih makmur.

-Berkaca dari Djarum Black!!Djarum Black tetap bertaring sampai sekarang karena selalu ada INOVASI.heheyyy...Hidup Black dan My Lovely PIC-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar