Senin, 25 Januari 2010

BAKTI BCA part 2

pinky kan udah janji mau nerusin cerita-ceriti tentang bakti BCA.
yang belum diceritain adalah tentang gimana si kerjaan di sana, asik gaknya, seneng sedihnya, susah gampangnya..
"duh mau cerita aja ribet gitu.. haha!"
nah jadi gini kira-kira rutinitas saya sehari-hari waktu masih kerja di BCA..
jam 08.00=batas absen maksimal.. (biasanya si saya dateng jam stengah 8 di hari selasa-jumat, dan stengah 9 di hari senin..).. jam 8-8.15 selalu diisi dengan doa bersama dan briefing..boss saya waktu itu (Pak Bambang Kuncoro, sekarang Wakil Kepala BCA KCU Wisma GKBI Jakarta) selalu punya wejangan yang sangat memotivasi saya buat bekerja di hari itu...pokoknya top markotop deh...haha (Pak, you're our bule-jawa boss terkeren sedunia..haha)

jam layanan di BCA itu dimulai pukul 08.15..
karena cabang saya termasuk cabang besar juga, biasanya jam segitu juga udah banyak yang antri.
jobdesk saya sebagai teller, yang utama adalah melayani transaksi nasabah.. beberapa di antaranya adalah:
1. transaksi tarik dan setor tunai
2. transfer uang antar rekening dan ke bank lain
3. transfer uang ke negara lain
4. jual-beli valuta asing
5. kliring

trnsaksi yang paling harus 'diperhatikan dan perlu kehati-hatian' buat saya adalah yang berhubungan dengan uang tunai. jangan sampe mikirin pacar yang selingkuh waktu lagi terima atau mau ngasih uang.. akibatnya, hati jadi bete dan kemungkinan uang di laci berkurang jadi tambah gede, karena kita bisa ga konsen waktu hitung uang sehingga uang yang kita terima jadi selisih kurang. sukur-sukur kalo lebih (eittt..kalau lebih, ga boleh ditilep looohhh)..
"emang kamu pernah selisih pink?"
wah itu mah jangan ditanya.. teller itu risiko di tangannya adalah 'perselisihan' uang itu..bahkan pernah saya denger istilah 'belum jadi teller kalo belum pernah selisih'..hehe saddis juga yah...

saya pernah selisih kurang sebanyak 200ribu, kalo gak salah 2 atau 3 kali.
tapi, saya juga pernah selisih lebih sebanyak 5juta, untungnya cuma 1 kali..

"wah...lima jeti?bisa beli blackberry dunk?"

tepatnya gak bisa!!secara blackberry belum tenar banget di tahun 2008 awal dan harganya pasti lebih dari 5 juta waktu itu. dan yang udah jelas, uang 5 juta itu GAK BOLEH dipake buat beli blackberry, karena itu bukan uang saya. ya toh?

"jadi?"

ya digantung uangnya dan diselidiki itu uang sapa.. kalo nanti ada nasabah yang kehilangan, uang itu bakal dibalikin pastinya..

selain yang berkaitan dengan tunai, transaksi yang menurut saya cukup rumit adalah yang berhubungan dengan valuta asing..

kamu percaya ga kalo buat urusan beginian, kita harus banyak senyum biar ga kena stroke gara-gara emosi..??haha..

transaksi jual-beli valas, atau pengiriman uang ke luar negeri itu pastinya kan berhubungan dengan kurs. sedangkan kurs itu bisa berubah tiap menit. nah, untuk menjalankan transaksi yang satu ini, saya harus sering bolak-balik ke back office buat konfirmasi kurs dengan kabag saya (yang nantinya men'deal'kan kurs dengan bagian treasury).. dan biasanya kalo udah di'deal', transaksi itu harus jadi dilakukan.. lain lagi halnya bila kamu menemui nasabah yang sulit, di mana dia bisa minta batalin transaksi saat udah deal. di cabang saya dulu, kalo udah begini, kalo boleh memilih, saya milih nangis aja deh..hehe..

"ah lebay banget kamu pink..gitu aja nangis?"

soalnya, saya harus menghadapi kabag saya yang g*l*k (peace Mba Ambar..hehehe...) buat batalin transaksi itu..(padahal di saat yang bersamaan, beliau sedang dipusingkan dengan setumpuk transaksi transfer sementara jempolnya sibuk ditempelin ke alat verifikasi buat menjalankan transaksi oleh para staff, yang memerlukan persetujuannya sebagai supervisor..ga heran kan kalo level stress nya tingkat tinggi dan diperparah dengan masalah nasabah saya yang pengen batalin transaksi tadi..karena beliau pasti tidak mungkin marahin nasabah, jadinya saya lah yang harus menanggung semua penderitaan itu.. (nasib..nasib..)).

"emang kenapa batalin transaksi aja pake marah dulu?"

soalnya kabag saya harus nelpon lagi ke bagian treasury, sedangkan line ke sana cukup sibuk. itu pasti jadi menghambat pekerjaan yang lagi dilakukan sang kabag. belum lagi kalo orang treasury lagi repot dan jadi ngomel2 ke kabag saya. buntutnya kabag saya meneruskan omelan itu ke saya.. trus saya gak bisa nerusin omelan itu ke sapa-sapa.. haha..

"trus reaksi kamu gimana pink setelah diomelin?"

yah...seperti yang saya bilang tadi..lebih baik saya nyengir-nyengir kuda aja..tersenyum manis..walau kuping dan hati panas, otak tetap harus dingin kann...biar ga kena stroke..hihi..
"saluuuttt....!!!haha..eh, trus tentang nasabahnya gimana?"
wah beragam karakter orang udah saya pelajari selama setahun kerja di BCA.. dari yang jutek dari pandangan pertama, sampai yang berperasaan halus, semua udah pernah saya hadapi.
saya juga pernah melayani transaksi public figure looohhh..haha.. (segitunya..)

ada Piyu Padi,




trus salah seorang artis sinetron dubbing Indosiar yang silat-silat itu (tapi saya gak tau nama perempuan indo tinggi-putih-pirang itu..hehe), sampai Bapak Prof. Dr. Adler Haymans Manurung, SH, SE, ME, M.Com (guru besar ABFII PERBANAS, dan juga penulis rubrik investasi di KOMPASS itu loohh..)






saya juga jadi tau wajah-wajah para pemilik Indofood, Kecap Bango, Syrup ABC, Gondowangi(yang bikin Shampoo Natur).. deelel..
oiya untuk menjawab nasabah ganteng plus kaya, maap banget saya gak bisa kasih tau namanya.. karena itu rahasia bank.. ngeri masuk penjara ahh..hehe..

"wah..jahat kamu..emang buat apaan si pake rahasia2an segala?"

halah..masa gitu aja dijelasin..yaiya dunk kita harus menjaga kerahasiaan account seorang nasabah.. itu wujud tanggung BCA terhadap nasabahnya yang udah mempercayakan uangnya disimpan di BCA.. ya toh??

well, yang pasti pernah kerja jadi teller di BCA itu nyenengin abis deh.. ga sia2 dulu saya melepaskan kuliah di Trisakti School of Management buat ikutan Bakti BCA. kalo gak gitu, saya mungkin jadi gak tau banyak tentang bank, dan ga bakal pernah sadar kalo saya tertarik dengan dunia perbankan. dan akhirnya mungkin sekarang saya juga gak kuliah di institut perbankan terbaik se-Indonesia, Asian Banking Finance and Informatics Institute of PERBANAS..

jadi, buat temen-temen mahasiswa/i yang baru lulus dan bingung cari kerja, coba2 aja ikutan program Bakti BCA.. kamu bisa dapat pengalaman kerja yang bagus di sana..

info lebih lanjut, klik aja di http://www.baktibca.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar