Sabtu, 23 Januari 2010

Jangan asal-asalan waktu pilih jurusan kuliah

hari ini di sekolah saya ada edu-day. Semacam event di mana macam-macam universitas buka stan di sekolah buat promosi keunggulannya masing-masing. Selain itu, kita-kita alumninya juga diminta dateng buat promosiin univ masing-masing atau ngasih semacam motivasi dan saran...untuk adek-adek kelas di SMA. Maklum..UAN kan bentar lagi.. tinggal 2 bulan ya kalo gak salah..abis itu mereka mesti nentuin jurusan kuliahnya..

ngomong-ngomong soal pilihan universitas, saya punya sedikit opini nih (ceilahh...haha)..
Sekarang biaya kuliah di PTN sama PTS kayaknya sama aja ya...malah ada swasta yang uang masuknya lebih murah dibandingkan negri..padahal kualitasnya sama atau mendekati..
Kalau dulu siswa2 masuk negri karena murahnya..tapi sekarang kebanyakan karena namanya. Bangga aja gitu kalau udah masuk negri karena pasti OK. Padahal nyatanya gak gitu juga..Tergantung orangnya juga sih.. Kesesuaian antara kemampuan dengan jurusan juga lumayan berpengaruh tuh..

Terkait dengan memilih jurusan, sekurang-kurangnya ada 3 hal yang jadi faktor penentu pilihan jurusan. Pertama, jurusan dipilih oleh siswa sendiri berdasarkan bidang apa yang dia bisa dan suka. Tapi ada juga siswa yang saking inginnya masuk univ negri, dia sampai asal pilih jurusan, yang penting dia bisa kuliah di univ negri tersebut. Atau ada juga yang ngambil jurusan yang udah ditentukan orangtuanya.
Mahasiswa yang masuk karena faktor kedua dan ketiga seperti di atas, berisiko lebih besar buat ngalamin salah jurusan. Nah, kalau udah saljur, gawat deh urusannya.. Bakalan banyak alasan buat mereka untuk cabut kuliah, males ngerjain tugas, bahkan ada juga yang masuk kelas cuma untuk absen. Nanti kalau nilainya gak memuaskan, yang disalahin pertama kali pasti dosen..hahahaa..

coba kita urut2 masalahnya ya...
Jadi, mahasiswa yang nilainya jelek kebanyakan nih karena males. Males karena udah gak bisa sama mata kuliah.. Gak bisa karena gak suka. Gak suka karena salah pilih jurusan. Salah pilih jurusan karena bisa macem-macem sebabnya. Bisa karena disuruh ortu, ikut2an temen, atau karena dia sendiri gak tau minat dan bakatnya di mana..

Trus gimana donk biar gak salah jurusan??

Nah, buat temen-temen, adek-adek kelas 3 SMA yang bentar lagi mesti milih jurusan kuliah, saya sih punya beberapa saran:
1. Ketahui minat dan bakat mu di mana. Caranya, bisa dengan ikutan tes minat dan bakat, tanya ke orang-orang terdekat di mana kelebihan atau bakat kamu, atau bisa juga dengan merenung., ceilah..hehe..
Merenung di sini maksudnya sediakan waktu seharian penuh dengan diri kamu sendiri. Coba flashback apa cita-cita kamu dulu dari tahun ke tahun, tulis daftar prestasi kamu, pelajaran dengan nilai tertinggi selama sekolah, dan jangan lupa untuk jujur sama diri sendiri. Contohnya, jangan maksa pingin jadi dokter karena menurut kamu dokter itu keren. Coba ngaca dan jujur sama diri sendiri. Apakah kamu punya bakat jadi dokter?apa kamu gak takut liat darah? apa kamu siap dengan segala tugas dan tanggung jawab kalau udah jadi dokter??secara..dokter berhubungan dengan nyawa..Kamu juga bisa search dari temen-temen yang udah duluan ngambil jurusan kedokteran, atau minta tolong sama mbah Google untuk cari-cari info tentang kuliah di fak. kedokteran itu gimana..
Kalau kamu udah jujur, dan kamu yakin kamu bisa, majulah..pilih jurusan kedokteran..
Begitu juga dengan jurusan-jurusan lainnya..Coba deh terapkan hal yang sama..

2. Kalo ortu maksa kamu masuk di jurusan yang kamu gak suka, coba tolak mereka dengan sopan.
Inget kan kalau tujuan kamu kuliah itu untuk dapet kerjaan yang bagus dan ujung-ujungnya melihat ortu bangga sama kamu?? Nah seperti urut mengurut masalah kita tadi di atas,hal yang terpenting untuk bisa sukses di kuliah kan dengan memilih jurusan yang benar. ya toh...??  Untuk itulah, kalau ortu maksa kamu untuk masuk ke jurusan yang gak kamu gak suka dan gak minat, apalagi gak bakat, tolaklah permintaan ortu kamu.Tapi, dengan cara yang sopan..Gak usah pake banting-banting pintu kamar segala.haha...
Berilah mereka pengertian kalau kamu gak minat di jurusan pilihan mereka. Kamu juga mesti bilang konsekuensinya kalau kamu sampai gak suka dan malah jadi salah jurusan. Nanti kan ortu juga yang kecewa?? jadi,be a good girl and boy yach.. nyatakan pendapat kamu ke ortu.. Yakin deh kamu bisa banggain mereka nanti ..:)

3. Bikin list jurusan mana yang kamu minati dan mungkin untuk kamu pilih. Kamu bisa nge-list 5 jurusan dulu. Lalu dari masing-masing jurusan, kamu cari infonya. Info itu kira-kira harus bisa menjawab pertanyaan ini: karir/pekerjaan yang apa aja yang bisa didapat dengan mengambil jurusan ini?? pelajaran di jurusan ini nanti apa aja sih..?? kalau mengambil jurusan ini, kemampuan apa aja yang bakal lebih terasah?? apakah jurusan ini bisa membantu kita mewujudkan cita-cita nanti??kira-kira begitulah..
Nah, setelah itu kamu bisa saring lagi dari daftar jurusan itu, mana yang kira-kira lebih "klik" ke kamu.. Saya contohin dari pengalaman pribadi deh..

Dulu sebelum kuliah, waktu kelas 1 SMA tepatnya, saya pingin jadi bankir. Seiring jalannya waktu, saya suka bisnis dan usaha. Tapi untuk memulai usaha, tentunya saya butuh modal uang juga kan.. Jadi, saya putuskan untuk jadi bankir sambil ngumpulin uang untuk usaha. Berangkat dari cita-cita itu, saya mulai nge-list jurusan yang mungkin saya ambil, yaitu akuntansi, manajemen, Ilmu Ekonomi, atau bisnis. Lalu masing-masing saya analisis deh.. Berdasarkan tanya-tanya sama para senior dan browsing net, saya jadi tau kalau akun bakalan lebih teknis ke akuntansi nya, ngurusin keuangan, dll. Jurusan bisnis akan lebih condong ke gimana ngelola bisnis pribadi dan perusahaan bisnis . Ujung-ujungnya dari beberapa alternatif itu, saya pilih manajemen. Dan dari hasil browsing bareng mbah Google, ternyata manajemen juga ada macem-macem. Dan akhirnya pilihan saya jatuh ke manajemen keuangan dan perbankan. Karena di situ merangkum apa yang saya mau. Belajar me-manage perusahaan atau bisnis sendiri, dengan banyak tambahan ilmu-ilmu perbankan di dalamnya. Cocok buat saya yang pingin jadi bankir sekaligus wirausahawati. hehe..
yah..kira-kira begitulah contoh sederhana nya..

Intinya, temen-temen yang lagi pilih-pilih jurusan kuliah, perhitungkan deh tuh bibit bebet bobotnya..ceilah..kaya nasehat nenek-kakek aja deh..hehe.. Tapi bener loh!!dan manjur!!! Soalnya, sekali kamu salah jurusan, berikut-berikutnya yang ada malah kesia-siaan. Sia-sia duit bokap, umur kamu dan tenaga. Sebaliknya, kalau kamu ada di jurusan yang bener, potensi kamu bakalan bisa berkembang maksimal. Nah, kalo potensi ada, kreativitas ada, kemampuan ada, jangan  ragu-ragu buat tunjukkin ke dunia. Banyak kok caranya!!!

Gak usah jauh-jauh..nih saya lagi coba mengembangkan kemampuan nulis dengan ikutan Djarum Black Blog Competition..trus seperti teman saya Tamara Aprillia dari ITB yang lagi coba-coba ikutan blackinnovationawards. Gak tanggung-tanggung, Djarum Black juga makin gencar mencari anak muda kreatif  dan inovatif dari berbagai kampus, lewat program blackinnovationawards goes to campus.
Wah..pokoknya banyak deh..

-Maka mulai sekarang, pilihlah jurusan yang mendukung cita-citamu, yang kamu suka dan bisa. Lalu, perpanjang deh daftar prestasi kamu lewat berbagai kesempatan yang ada, termasuk dari Djarum Black-

GOOD LUCK, buddies!!!:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar