Kamis, 21 Januari 2010

Terimakasih Papa..

Dulu waktu kecil, papa saya rajin beliin buku dongeng, cerpen, cerita bergambar, sampai berlangganan majalah anak-anak buat saya.Awalnya saya hanya suka lihat gambar-gambarnya. Warna-warni. Tapi karena belom bisa baca, saya jadi penasaran, apa sih yang diceritain di situ..??akhirnya tiap sebelum tidur siang, saya minta mama bacakan cerita-cerita itu untuk saya.

karena pengen cepet-cepet bisa baca, saya pun belajar mengeja, sambil menulis ulang kalimat per kalimat dari cerita itu. dan hasilnya, waktu masuk TK kecil,saya gak perlu waktu lama untuk bisa baca 1 buku cerita bergambar dan ceritain ulang isinya ke teman-teman.

saya punya banyak banget buku cerita waktu kecil. bacaan favorit saya adalah cergam Bung Kelinci. di situ banyak banget cerita seru tentang kecerdikan si Bung Kelinci..saya juga suka cerita tentang peri-peri gitu. rasanya gak ada waktu kecil saya yang terlewatkan tanpa baca buku cerita.
tapi...sekarang buku-bukunya udah pada kemana yaa.....hiikkkkzzz...

hari ini, 18 tahun sejak saya bisa baca, barulah saya sadar kalo sebenernya saya sekarang termasuk mudah mencerna bacaan karena udah terlatih dari dulu. sepertinya otak ini udah otomatis menggambar skema-skema outline materi atau bahan bacaan yang sedang saya baca. dengan ilustrasi imajiner itu, saya jadi lebih mudah dan cepat paham.

balik lagi ke waktu kecil dulu...
saya baru "ngeh", ternyata dari dulu kalau saya baca buku cerita, biasanya saya seperti punya film kartun di otak. saya membayangkan tingkah laku dan jalan cerita karakter dari buku-buku cerita itu. dan mereka bergerak-gerak, beradegan, sesuai cerita yang saya baca.
Bayangan-bayangan itu gak pernah hilang. sampai sekarang pun masih saya ingat beberapa dongeng atau cerita favorit saya. Ini terus terjadi sampai detik ini.. apapun yang saya baca, pasti akan tercetak 'film'nya di kepala. saya jadi gak terlalu kesulitan untuk memahami bacaan, termasuk materi kuliah yang seabreg-abreg.

Saya bersyukur punya Papa yang gak bosen-bosen beliin saya bacaan-bacaan itu. Mungkin waktu itu harapan Papa gak muluk-muluk. mungkin supaya saya cepat bisa baca atau jarang maen comberan lagi..??hahha..entahlah..saya juga gak tau..
Tapi ternyata hal-hal kecil itu yang membuat saya jadi seperti sekarang. yah..gak bego-bego banget lah untuk jadi mahasiswi jurusan perbankan..hihihi...

Kini saya suka ajak keponakan saya baca buku cerita yang saya beliin. Beberapa kali saya juga ceritain kisah Bung Kelinci atau Winnie The Pooh ke mereka. tapi sayangnya, mereka kok gak seantusias saya dulu yah..
maklum sih..mereka sekarang lebih digital hidupnya. maen game, digital. denger musik, digital. apalagi udah ada Facebook..wewww...tambah lupa deh tuh sama buku..hehe..

sayang yaa.. padahal baca buku tetap jauh lebih asyik loh. selain belajar berimajinasi, yah..seperti yang saya bilang tadi,,baca buku cerita waktu kecil bakalan ngelatih kita untuk bisa baca dengan efektif dan efisien di saat dewasa. Bahkan bisa ngelatih daya nalar dan kreativitas kita. Makanya bisa diliat sekarang, kalo anak muda seangkatan saya juga banyak yang kreatif dan inovatif. Untung aja Djarum Black bisa langsung tanggap, dengan bikin blackinnovationawards, sebagai wadah ide-ide kreatif dan inovatif itu.

ada sih harapan kecil di hati..pengen ngebuat taman bacaan suatu saat nanti. supaya anak-anak Indonesia bisa luas wawasannya mulai dari kecil. Dulu waktu SD, pernah sih saya ngebuat taman bacaan mini di halaman rumah. Tapi karena insting bisnis udah jalan dari kecil, jadinya teman-teman yang masuk taman bacaan itu harus bayar uang masuk. hahaha..alhasil,setelah semua buku dan majalah udah habis mereka baca, temen-temen saya gak datang-datang lagi. tutup deh tu taman bacaan..hehe

Intinya, baca buku cerita yang bermutu ga ada ruginya lah. Bahkan, bakalan banyak banget manfaat. salah satunya yang saya alami ini..

-Well, terimakasih Papa.. karena buku-buku itu, majalah anak-anak itu, dongeng-dongeng itu, sekarang aku merasakan manfaatnya.. :)-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar