Senin, 25 Januari 2010

produk impor Cina di mana-mana!!!

Berkaitan sama tema lomba karya ilmiah yang mau saya ikuti,"Dampak ACFTA terhadap perekonomian Indonesia", saya baru sadar banget kalo hidup saya sndiri ternyata udah DIKEPUNG sama produk impor yang kebanyakan dari Cina..wah..gak heran kalau pertumbuhan ekonomi Cina bisa sampai 7% per tahun!!

Coba saya bedah sekarang : ternyata sisir saya, bando, jepit rambut, cotton buds, peniti, remote tv, mouse komputer, sampai ke underwear segala, semua buatan Cina!!!ampun deh!!saya gak sadar kalo selama ini saya beli barang-barang impor!!

Ini baru saya. Gimana ya dengan jutaan orang Indonesia lainnya? Coba deh cek sisir kamu, ikat pinggang kamu, silikon BB kamu, sampai ke obat muka yang kamu pakai. Jangan-jangan bukan produk lokal juga!!

Hikkksss... sedih banget kalau begini terus.. Soalnya, kalau kita kebanyakan pakai produk impor, berarti produk lokal buatan Indonesia, siapa yang beli dunk?? Kalo gak ada yang beli, lama-lama produsen produk lokal bangkrut donk..kalo mereka bangkrut, pengangguran tambah banyak.. Yah..

Trus gimana dunk ya? Serba salah sih...produk impor, apalagi dari Cina yang terkenal murahnya itu udah merajalela di pasar Indonesia. Jadi sulit banget cari-cari barang Indonesia di sana. Udah gitu barang-barang Indonesia yang ada, gak selengkap barang-barang Cina itu. Contohnya ya yang kita lihat aja di trotoar Benhil, Komdak. Di sana dijual perkakas, silikon HP, sampai aneka jepit rambut yang rata-rata dari Cina. Mungkin sedikit atau bahkan gak ada produsen barang-barang itu yang dari Indonesia?? Entahlah...

Yang jelas, kejadian seperti ini perlu segera dikurangi dikit-dikit sebelum bisa benar-benar dihilangkan. Cara yang paling gampang adalah dengan membeli PRODUK INDONESIA. Coba dilihat dulu label suatu barang sebelum dibeli. Belilah yang Made in Indonesia.

Selain itu, buat yang punya modal nih..Coba deh untuk produksi juga barang-barang impor yang udah ada di pasaran. Contohnya, kalau di pasar ada bando pita atau jepit rambut, remoteTV, kaos kaki yang judulnya IMPOR atau MADE IN CHINA, coba deh ditiru dan diproduksi secara lokal. Trus dipasarkan lagi..Jadi orang-orang akan beli produk lokal kita itu.

Bukannya benci atau anti produk Cina, tapi udah saatnya kita, PENDUDUK INDONESIA, juga harus mulai melindungi produk kita sendiri!! Karena ternyata Cina pun udah melakukan hal yang sama. Mereka banyak mengimpor barang ke banyak negara, namun rakyat Cina sendiri tidak banyak memakai produk impor, melainkan produk lokalnya sendiri.

Well, sebenernya masih banyak sih yang bisa dilakukan. Tapi kayaknya terlalu dini untuk dijabarkan sekarang. Lebih baik kita mulai dengan dua hal paling simpel ini dulu. .Kalau yang 2 ini udah berjalan, baru kita bisa maju ke tahap selanjutnya. Nanti ya kalau saya udah nyelesein karya ilmiah saya, baru saya coba tulis-tulis lagi yang lebih jauh tentang masalah ini. ..

-Be creative and innovative yuk teman!!Tunjukkin salah satunya di ajang-ajang yang banyak diadakan Djarum Black juga!! Mumpung masih muda,kreatif, dan peduli sama Indonesia.. Kalau bukan kita, siapa lagi yang mulai perubahan??-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar